Seminar Sastra, Budaya, dan Perubahan Sosial

Penyelenggara

HISKI Surabaya

Fakultas Sastra Universitas Kristen Petra

Tentang Seminar

Perubahan sosial merupakan suatu keniscayaan yang terus menerus terjadi sepanjang sejarah peradaban manusia. Bahkan sekarang ini, perubahan tersebut berlangsung dengan sebegitu cepat akibat perkembangan teknologi dan arus globalisasi. Dapat dikatakan bahwa perubahan sosial menjadi suatu paradigma masa kini, yang memberikan dampak yang besar bagi kajian sastra dan budaya. Apakah disiplin ilmu susastra dan budaya ini akan lebur di dalam jangkauan perubahan sosial yang didominasi oleh disiplin ilmu sosiologi, ekonomi, dan politik, yang dirasa lebih mampu memberikan solusi atas permasalahan yang ditimbulkan oleh perubahan sosial tersebut, seperti krisis sosial, gegar budaya, maupun tarik menarik antara nilai-nilai lama dan baru? Atau mampukah disiplin ilmu susastra dan budaya ini memberikan suatu kritik terhadap perubahan sosial tersebut, yaitu cara alternatif untuk memahami bagaimana seharusnya disiplin ilmu susastra dan budaya ini bersikap dalam menanggapi arus zaman ini? Kedua pertanyaan ini memicu minat baru untuk mengeksplorasi peranan sastra dan budaya dalam paradigma perubahan sosial.
Untuk menanggapi ketertarikan itu, Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia Komisariat Surabaya bekerja sama dengan Fakultas Sastra Universitas Kristen Petra menyelenggarakan seminar dengan tema utama Sastra, Budaya, dan Perubahan Sosial. Tujuan utama dari seminar ini adalah memberikan sumbangsih disiplin ilmu susastra dan budaya dalam menghadapi perubahan sosial, serta melihat kembali bagaimana seharusnya sastra dan budaya berperan dalam masyarakat. Diharapkan penelitian-penelitian terbaru dalam kajian susastra dan budaya yang dipresentasikan dalam seminar ini mampu memberikan perspektif baru untuk menghadapi perubahan sosial dalam masyarakat.
Kami mengundang para peneliti, dosen, guru, dan mahasiswa, baik yang mengkaji bidang ilmu bahasa, susastra, budaya maupun bidang ilmu lainnya, untuk menghadiri dan mempresentasikan hasil penelitiannya. Dengan demikian, seminar ini dapat berperan sebagai ajang bagi peserta untuk: berdiskusi dan bertukar pendapat, mendapatkan pengalaman, memperluas cakrawala, menghasilkan perspektif baru dalam kajian bahasa, sastra, dan budaya, dan membangun jejaring akademik.

  • Tanggal Pelaksanaan

    9-10 November 2016

  • Tempat

    Gedung Radius Prawiro, Universitas Kristen Petra, Surabaya

  • Jadwal

    Jadwal Acara

Pembicara Kunci

Uploaded image

AHMAD TOHARI

Sastrawan
Uploaded image

MANNEKE BUDIMAN, Ph.D.

Akademisi
Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia
Uploaded image

Dr. Ribut Basuki

Akademisi
Dekan Fakultas Sastra, Universitas Kristen Petra

Kontak Kami