PROFILE

Kilasan Sejarah Fakultas Sastra

Dengan semakin ketatnya kompetisi di dunia kerja seiring dengan proses globalisasi dan kompleksitasnya, peningkatan pendidikan yang lebih tinggi senantiasa menjadi tuntutan masyarakat. Hal ini terlihat dari hasil studi yang dilakukan oleh Fakultas Sastra terhadap responden dari berbagai bidang seperti pendidikan, jasa, trading, dan bahkan fresh graduates. Mereka menunjukkan minat terhadap program studi Strata Dua (S2) di bidang bahasa dan sastra di Fakultas Sastra UK Petra.

Berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no: 154/E/O/2014, tertanggal 10 Juni 2014, Fakultas Sastra Universitas Kristen Petra membuka Program Studi Strata Dua (S2) Magister Ilmu Susastra.

Visi Program Studi

Visi Program Studi Magister Ilmu Susastra ini adalah menjadi pusat unggulan dalam telaah dan penciptaan karya kreatif bahasa, sastra dan budaya. Visi ini didasarkan atas visi Universitas Kristen Petra, yakni menjadi universitas yang peduli dan global yang berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani (to be a caring and global university with commitment to Christian values), serta visi Fakultas Sastra, yaitu menjadi pusat unggulan (center of excellence) dalam bidang bahasa dan sastra terapan.

Misi Program Studi

Misi program studi S2 ini adalah menghasilkan lulusan magister yang mampu:
- mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
- menyusun konsepsi ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;
- menerapkan ilmunya dalam bentuk prototipe, karya desain, produk seni dan budaya; dan
- mengkomunikasikan karya kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dalam lingkup nasional maupun internasional.