ACADEMIC

MATA KULIAH PENELITIAN DAN PENULISAN TESIS

Research Plan (3 sks)
Mata kuliah ini dilaksanakan dalam semester pertama dan bertujuan mengarahkan mahasiswa untuk menemukan korpus dan topik penelitian yang akan dikembangkan dalam proposal tugas akhir.

Annotated Bibliography (3 sks)
Mata kuliah ini dilaksanakan dalam semester kedua dan bertujuan mengarahkan mahasiswa untuk dapat merangkum dan melakukan tinjauan kritis terhadap berbagai bahan pustaka yang sesuai dengan topik penelitiannnya.

Thesis Proposal (5 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menulis proposal tugas akhir dengan mengembangkan korpus penelitian yang telah didiskusikan dalam mata kuliah Research Plan pada semester sebelumnya, mempertajam topik penelitian, serta memilih metode penelitian yang sesuai dengan penelitiannya. Sidang proposal tesis dilaksanakan pada waktu UAS semester kedua.

Research Process (9 sks)
Mata kuliah ini dilaksanakan dalam semester ketiga dan bertujuan mengarahkan mahasiswa untuk dapat melakukan penelitian sesuai dengan proposal penelitian yang sudah disetujui dalam sidang proposal. Konsultasi dengan dosen pembimbing dilakukan secara regular untuk memantapkan proses penelitian yang dijalankan.

Thesis (5 sks)
Mata kuliah ini dilaksanakan dalam semester keempat dan merupakan tugas akhir sebagai prasyarat untuk memperoleh gelar Magister Humaniora.

Seminar/Colloquium (5 sks)
Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempresentasikan penelitiannya, memperoleh masukan dan mengkritisi penelitian rekan sejawatnya.

Journal Article Writing (4 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menulis artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi.

Journal Article Publication (6 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk mampu mengirimkan karya ilmiah agar diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi.