ACADEMIC

Konsentrasi Pengajaran Bahasa melalui Sastra dan Budaya

Identity in Language, Art, and Literature (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjabarkan berbagai pandangan tentang identitas dan menganalisis isu-isu identitas ditinjau dari berbagai perspektif, seperti media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme. Topik pembahasan meliputi media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme.

Popular Literature (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan ciri-ciri jenre fiksi populer, dan menelaah karya fiksi populer dengan menggunakan teori-teori budaya. Topik pembahasan meliputi sastra anak, sastra remaja, komik, novel grafis, novel horor, novel detektif, fiksi ilmiah, dan sastra wangi.

Language, Text, and Culture (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan dan menerapkan teori dan konsep kajian bahasa, teks dan budaya serta keterkaitannya untuk menganalisis berbagai wacana sosial budaya. Topik pembahasan meliputi tanda dan sistem, interaksi tanda, teks dan tekstualitas, jenre dan intertekstualitas; praktek-praktek budaya, analisis semiotika, analisis marxis, psikoanalisis, dan analisis sosiologi.

Linguistic Imperialism (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu memahami ideologi bahasa dan secara kritis menganalisis isu-isu yang berkaitan dengan imperialisme linguistik baik secara lokal maupun global. Pembahasan meliputi sejarah perkembangan imperialisme, ideologi bahasa, ragam bahasa, dan imperialisme bahasa.

Teaching Language in the Online and Offline World (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memahami dan mampu mengajar bahasa menggunakan jejaring media sosial. Topik pembahasan meliputi karakteristik media sosial, media sosial dan pembelajar (students); kekuatan dan kelemahan media sosial; dan media sosial untuk pengajaran bahasa.

Designing Materials Using Cultural Products (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memahami dan mampu merancang bahan ajar menggunakan produk-produk budaya. Topik yang dibahas meliputi pengenalan produk-produk budaya dan penggunaan karya tulis fiksi, film, penerjemahan, karya audio dan karya seni panggung sebagai bahan ajar.

Creative Teaching to Young Learners (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menciptakan pembelajaran kreatif bagi pembelajar muda. Topik pembahasan meliputi prinsip-prinsip language acquisition and language learning, metode-metode pembelajaran, manajemen kelas, dan evaluasi berbahasa yang kreatif.