ACADEMIC

Konsentrasi Budaya Indonesia Tionghoa

Identity in Language, Art, and Literature (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjabarkan berbagai pandangan tentang identitas dan menganalisis isu-isu identitas ditinjau dari berbagai perspektif, seperti media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme. Topik pembahasan meliputi media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme.

Chinese Indonesian Society, Culture, and Politics (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk memahami dan menganalisis pranata sosial budaya masyarakat Indonesia Tionghoa, seperti sastra, bahasa, tradisi, identitas, pendidikan, organisasi, media serta dunia politik, sosial dan ekonomi masyarakat Tionghoa Indonesia, serta menelaah keterkaitannya. Topik pembahasan meliputi sejarah perkembangan masyarakat Indonesia Tionghoa, Sastra Indonesia Tionghoa, ragam bahasa dan budaya Indonesia Tionghoa, identitas masyarakat Indonesia Tionghoa, dan organisasi komunitas Indonesia Tionghoa.

Urban Cultures in Indonesia (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk memahami dinamika dan fenomena budaya urban serta kecenderungan utama yang membentuk gaya hidup dan budaya pop dalam kehidupan perkotaan kontemporer. Topik pembahasan meliputi simbol perkotaan, budaya mal, industri hiburan, pasar dan budaya, ruang publik dan sosial, dan budaya kehidupan malam.

Popular Literature (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan ciri-ciri jenre fiksi populer, dan menelaah karya fiksi populer dengan menggunakan teori-teori budaya. Topik pembahasan meliputi sastra anak, sastra remaja, komik, novel grafis, novel horor, novel detektif, fiksi ilmiah, dan sastra wangi.

Language, Text, and Culture (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan dan menerapkan teori dan konsep kajian bahasa, teks dan budaya serta keterkaitannya untuk menganalisis berbagai wacana sosial budaya. Topik pembahasan meliputi tanda dan sistem, interaksi tanda, teks dan tekstualitas, jenre dan intertekstualitas; praktek-praktek budaya, analisis semiotika, analisis marxis, psikoanalisis, dan analisis sosiologi.

Chinese Indonesians and Race Relations (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan dan menerapkan teori dan konsep kajian hubungan antar-etnis (race relations), racialized interconnection, dan posisi orang Tionghoa Indonesia dalam racial hierarchy, serta keterkaitannya, untuk menganalisis berbagai wacana sosial budaya. Topik yang dibahas meliputi konsep ras dan etnisitas, konsep indigeneity, kategori rasial dan etnis, kewarganegaraan (citizenship), equity dan equality.

Special Topics in the Cultural Politics of Chinese Indonesians (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memahami identitas dan pembentukan masyarakat Indonesis Tionghoa dan melalui analisis produk dan praktek budaya masyarakat Indonesia Tionghoa. Topik yang dibahas meliputi perspektif budaya tentang makanan, pakaian, perumahan, karya sastra, gaya hidup dan kepercayaan beragama.