ACADEMIC

Konsentrasi Linguistik dan Industri Budaya

Identity in Language, Art, and Literature (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjabarkan berbagai pandangan tentang identitas dan menganalisis isu-isu identitas ditinjau dari berbagai perspektif, seperti media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme. Topik pembahasan meliputi media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme.

Copywriting for Mass Media (3 sks)
Mata kuliah ini mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teori-teori copywriting dan menghasilkan karya di bidang copywriting yang diperlukan di dunia industri kreatif, mulai dari iklan hingga company profile. Topik-topik yang dibahas adalah teori-teori copywriting, eksplorasi wahana disain copywriting, copywriting untuk iklan bergambar, copywriting untuk iklan tulis (leaflet, brosur, katalog), copywriting untuk advertorial, dan copywriting untuk company profiles.

Chinese Indonesian Society, Culture, and Politics (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk memahami dan menganalisis pranata sosial budaya masyarakat Indonesia Tionghoa, seperti sastra, bahasa, tradisi, identitas, pendidikan, organisasi, media serta dunia politik, sosial dan ekonomi masyarakat Tionghoa Indonesia, serta menelaah keterkaitannya. Topik pembahasan meliputi sejarah perkembangan masyarakat Indonesia Tionghoa, Sastra Indonesia Tionghoa, ragam bahasa dan budaya Indonesia Tionghoa, identitas masyarakat Indonesia Tionghoa, dan organisasi komunitas Indonesia Tionghoa.

Language, Text, and Culture (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan dan menerapkan teori dan konsep kajian bahasa, teks dan budaya serta keterkaitannya untuk menganalisis berbagai wacana sosial budaya. Topik pembahasan meliputi tanda dan sistem, interaksi tanda, teks dan tekstualitas, jenre dan intertekstualitas; praktek-praktek budaya, analisis semiotika, analisis marxis, psikoanalisis, dan analisis sosiologi.

Translation and Interpretation Studies (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teori dan metodologi penelitian dalam penerjemahan tulis dan lisan. Topik pembahasan meliputi perkembangan teori penerjemahan tulis dan lisan, praktek penerjemahan tulis dan lisan, dan metode penelitian penerjemahan tulis dan lisan.

Rhetoric and Speech Science (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu memahami dan menjelaskan teori dan konsep retorika/wicara (speech science) serta menerapkannya dalam analisis fenomena pemakaian bahasa pada realitas sosial budaya. Topik yang dibahas meliputi prinsip-prinsip retorika, organisasi wicara, ragam wicara, persuasi, dan metafora dalam retorika.

Linguistic Imperialism (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu memahami ideologi bahasa dan secara kritis menganalisis isu-isu yang berkaitan dengan imperialisme linguistik baik secara lokal maupun global. Pembahasan meliputi sejarah perkembangan imperialisme, ideologi bahasa, ragam bahasa, dan imperialisme bahasa.

Teaching Language in the Online and Offline World (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memahami dan mampu mengajar bahasa menggunakan jejaring media sosial. Topik pembahasan meliputi karakteristik media sosial, media sosial dan pembelajar (students); kekuatan dan kelemahan media sosial; dan media sosial untuk pengajaran bahasa.