ACADEMIC

Konsentrasi Sastra dan Industri Budaya

Identity in Language, Art, and Literature (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjabarkan berbagai pandangan tentang identitas dan menganalisis isu-isu identitas ditinjau dari berbagai perspektif, seperti media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme. Topik pembahasan meliputi media dan komunikasi, teks dan narasi, lingkungan dan lanskap, dunia virtual, dan multikulturalisme.

Copywriting for Mass Media (3 sks)
Mata kuliah ini mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teori-teori copywriting dan menghasilkan karya di bidang copywriting yang diperlukan di dunia industri kreatif, mulai dari iklan hingga company profile. Topik-topik yang dibahas adalah teori-teori copywriting, eksplorasi wahana disain copywriting, copywriting untuk iklan bergambar, copywriting untuk iklan tulis (leaflet, brosur, katalog), copywriting untuk advertorial, dan copywriting untuk company profiles.

Chinese Indonesian Society, Culture, and Politics (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk memahami dan menganalisis pranata sosial budaya masyarakat Indonesia Tionghoa, seperti sastra, bahasa, tradisi, identitas, pendidikan, organisasi, media serta dunia politik, sosial dan ekonomi masyarakat Tionghoa Indonesia, serta menelaah keterkaitannya. Topik pembahasan meliputi sejarah perkembangan masyarakat Indonesia Tionghoa, Sastra Indonesia Tionghoa, ragam bahasa dan budaya Indonesia Tionghoa, identitas masyarakat Indonesia Tionghoa, dan organisasi komunitas Indonesia Tionghoa.

Urban Cultures in Indonesia (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk memahami dinamika dan fenomena budaya urban serta kecenderungan utama yang membentuk gaya hidup dan budaya pop dalam kehidupan perkotaan kontemporer. Topik pembahasan meliputi simbol perkotaan, budaya mal, industri hiburan, pasar dan budaya, ruang publik dan sosial, dan budaya kehidupan malam.

Popular Literature (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan ciri-ciri jenre fiksi populer, dan menelaah karya fiksi populer dengan menggunakan teori-teori budaya. Topik pembahasan meliputi sastra anak, sastra remaja, komik, novel grafis, novel horor, novel detektif, fiksi ilmiah, dan sastra wangi.

Culture and Film Industry (3 sks)
Matakuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu menjelaskan berbagai jenre film dan menganalisis aspek-aspek narasi, struktur, tema, ideologi, identitas dan bahasa film dengan menggunakan teori-teori budaya. Topik pembahasan meliputi bahasa film (mise-en-scène, sinematografi, sound, dan editing), teori analisis film, jenre film, budaya dan produksi film (Hollywood, Bollywood, Indonesia, dan Hong Kong), dan seri drama populer (K-drama, J-drama, dan T-drama).

Creative Writing: Fiction (3 sks)
Mata kuliah ini mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami teori penulisan fiksi dan menghasilkan karya fiksi. Mahasiswa diharapkan sudah memiliki draf naskah untuk dibahas di kelas dengan hasil akhir sebuah naskah yang siap diterbitkan. Topik pembahasan meliputi teori-teori penulisan fiksi, eksplorasi ide penulisan, pengembangan tema, pengembangan penokohan, dan pengembangan struktur cerita.

Creative Writing: Drama and Film (3 sks)
Mata kuliah ini mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami teori penulisan naskah drama dan film, dan menghasilkan naskah yang siap diproduksi. Topik-topik yang dibahas adalah teori-teori penulisan naskah drama dan film, eksplorasi ide penulisan, pengembangan tema, pengembangan penokohan, pengembangan struktur dramatik, dan stage reading.