ACADEMIC

Mata Kuliah Wajib

Theories in Literary and Cultural Studies (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu memahami dan menerapkan teori-teori sastra dan budaya untuk menganalisis isu-isu sastra dan budaya. Topik yang dibahas adalah teori sastra dan budaya dari Marx sampai Hall, ideologi kuasa dan relasi kuasa, teori wacana dalam kajian media dan budaya, sirkuit kebudayaan, representasi dan konstruksi makna, identity and difference (diaspora, hibriditas, mimikri, dll.), produksi budaya, konsumsi dan masyarakat konsumsi, serta feminisme dan kajian jender.

Theories in the Study of Language (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu memahami dan menerapkan teori-teori dan metodologi dalam studi bahasa untuk menganalisis isu-isu kebahasaan dalam masyarakat. Topik pembahasan meliputi sejarah perkembangan ilmu bahasa dan aliran-aliran ilmu bahasa yang relevan untuk analisis isu-isu saat ini seperti structural linguistics, generative linguistics, systemic-functional linguistics, dan critical linguistics.

Discourse Theory and Practice (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memahami berbagai teori dan konsep kajian wacana di lingkup ilmu sosial dan budaya, dan menerapkannya dalam analisis isu-isu sosial budaya kontemporer. Topik pembahasan meliputi teori studi wacana, wacana media masa kini, wacana dan periklanan, wacana dan masyarakat, wacana sebagai praktek sosial, dan analisis wacana kritis.

Research Method (3 sks)
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa agar mampu mengaplikasikan berbagai teori dan metode penelitian, antara lain analisa tekstual, metode deskriptif reseptif, metode etnografi kualitatif, dan metode kuantitatif. Mahasiswa juga diajak untuk menganalisis dan mengkritisi hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti lain. Pembahasan meliputi penelitian tentang bahasa, sastra, dan budaya; metode dan interpretasi hasil analisis kuantitatif; metode dan teknik penelitian kualitatif; dan penerapan metode penelitian.